Minggu, 16 Desember 2018

KALIMAT VERBAL DAN NON VERBAL


BELAJAR MENGENAL KALIMAT VERBAL DAN NON VERBAL

MATERI 2


Sebelum kamu mengikuti materi yang kedua ini sebaiknya kamu harus paham dulu materi yang sebelumnya MATERI 1. Kenapa harus paham dengan materi sebelumnya? karena di materi ini mengacu dengan rumus tenses pada materi sebelumnya.
Pada materi 1 itu disebut kalimat VERBAL, kenapa demikian? karena memakai sebuah VERB dikalimatnya. Terus apa perbedaannya? kalimat verbal hanya mempunyai satu ciri. Apa itu? sebuah kalimat yang memakai verb didalam kalimatnya.
Selanjutnya mengenai kalimat NON VERBAL, dari namanya saja non verbal pasti didalam kalimatnya tersebut tidak mengandung VERB. Terus menggunakan apa? yaitu "to be". Dalam kalimat non verbal ini tetap mengacu pada 16 TENSES sama seperti rumus di materi 1. Hanya saja perbedaannya tidak memakai verb dan hanya memakai "to be".
OK langsung saja. Saya disini membuat rumus seederhana agar kalian dapat memahami dengan mudah.

RUMUSNYA : S + TO BE + ANA

Dimana :

  • S         : Subject
  • TO BE : Auxiliary Verb
  • ANA     : Adjective, Noun, Adverb (kita bisa memakai salah satunya)
Sebelum saya memberikan sebuah contoh, saya akan menjelaskan tentang "to be". Ada banyak macam "to be" yang bisa dipakai dalam sebuah kalimat. Terus pertanyaannya kita memakai "to be" yang mana?
OK biar lebih jelas saya beri contoh pemakaian "to be" sesuai tenses.
Saya beri contoh menggunakan kalimat simpel dengan menggunakan "ANA" :

1. PRESENT
  • Lina is happy (Adjective)
  • You are a teacher (Noun)
  • I am at school (Adverb)
2. PAST
  • Lina was happy (Adjective)
  • You were a teacher (Noun)
  • I was at school (Adverb)
3. PRESENT FUTURE
  • Lina will be happy (Adjective)
  • You will be a teacher (Noun)
  • I will be at school (Adverb)
4. PAST FUTURE
  • Lina would be happy (Adjective)
  • You would be a teacher (Noun)
  • I would be at school (Adverb)
Cukup sampai disini saya menjelaskan tentang kalimat NON VERBAL. Sebenarnya masih banyak macam materi yang ada dikalimat non verbal ini. Diatas adalah materi dasar kalimat non verbal, setelah kamu paham, saya akan menjelaskan secara rinci di materi selanjutnya. Karena apa? belajar bahasa inggris itu ibarat membaca. Kamu berkenalan dengan alfabet dulu, kemudian cara membaca setiap hurufnya, misalnya "BU dan DI", hingga dapat dibaca satu kata "BUDI". Pernah kebayang jika adik, keponakan atau anak yang baru belajar membaca disuruh baca cerita/kalimat panjang? bisa-bisa mereka pusing dan tidak mau belajar membaca lagi. Oleh sebab itu disini saya mencoba memberi penjelasan dasar yang sederhana dan berurutan.

SELAMAT BELAJAR DAN IKUTI MATERI KAMI SELANJUTNYA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KALIMAT PASIF (PASSIVE VOICE)

BELAJAR KALIMAT PASIF (PASSIVE VOICE) DALAM BAHASA INGGRIS MATERI 3 CARA MEMBUAT KALIMAT PASIF : Kali ini saya akan menjelask...